pencari lowongan kerja

Berikut adalah beberapa tip terbaik saya untuk menemukan pekerjaan baru di tingkat karier apa pun.

  1. Perjelas apa yang Anda inginkan

Sebelum memulai pencarian pekerjaan Anda, luangkan waktu untuk merenungkan kekuatan dan kelemahan Anda dan jenis pekerjaan yang Anda sukai.

Semakin baik Anda mengenal diri sendiri, semakin besar kemungkinan Anda akan menemukan pekerjaan baru yang memberi Anda kepuasan lebih besar.

Tuangkan kelebihan dan potensi anda pada surat lamaran, ada banyak contoh surat lamaran kerja yang bisa kita contoh  untuk mempercepat prosesnya.

Apa yang Anda inginkan dalam sebuah pekerjaan? Apa yang paling penting, gelar, uang, promosi, pekerjaan itu sendiri, lokasi, atau budaya perusahaan?

  1. Teliti perusahaan target Anda

Setelah Anda mengetahui apa yang Anda inginkan, inilah saatnya untuk mencari tahu apa yang diinginkan oleh perusahaan yang Anda lamar. Tip yang bagus untuk menemukan pekerjaan baru adalah dengan menyelidiki halaman Glassdoor perusahaan. Ini akan membantu Anda memahami budaya perusahaan mereka, mencari tahu pertanyaan apa yang biasa mereka ajukan dalam wawancara, dan bahkan menemukan gaji yang kemungkinan besar akan Anda terima.

Resume Anda masih merupakan salah satu alat paling penting dari pencarian kerja. Salah satu tip terbaik saya untuk menemukan pekerjaan baru adalah memiliki resume yang berorientasi pada pencapaian yang mencakup pencapaian terukur yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

  1. Sesuaikan resume Anda dengan setiap pekerjaan

Resume Anda masih merupakan salah satu alat paling penting dari pencarian kerja. Banyak resume yang saya lihat penuh dengan tanggung jawab (bukan pencapaian yang nyata) dan pencari kerja mengirimkan resume yang sama ke berbagai lowongan.

Salah satu tip terbaik saya untuk menemukan pekerjaan baru adalah memiliki resume yang berorientasi pada pencapaian yang mencakup pencapaian terukur yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Jadikan diri Anda cocok. Pelajari kata dan frasa yang digunakan dalam deskripsi pekerjaan? Pastikan Anda memasukkannya ke dalam resume Anda (asalkan Anda memiliki pengalaman itu, tentu saja). Sesuaikan resume Anda untuk setiap pekerjaan – perekrut harus tahu dalam beberapa detik setelah melihat resume Anda bahwa Anda memiliki keterampilan yang mereka cari.

Catatan editor: Anda dapat menyesuaikan resume Anda, atau membuat yang baru dari awal, menggunakan pembuat resume .

  1. Buat merek karir online Anda

Membangun merek Anda berarti menunjukkan keahlian dan hasrat Anda secara online di mana perusahaan yang mencari di Web dapat menemukannya.

Sebagian besar perekrut, termasuk saya sendiri, menggunakan LinkedIn sebagai alat pencarian utama mereka dan jika Anda seorang profesional, Anda harus menggunakan LinkedIn untuk keuntungan penuh Anda. Ini adalah sumber yang bagus untuk menemukan orang yang bekerja di perusahaan yang Anda minati dan juga untuk memposisikan diri Anda agar dapat ditemukan oleh perekrut dan manajer perekrutan dengan lowongan yang relevan.

  1. Terorganisir

Sebelum Anda mulai melamar pekerjaan atau wawancara dengan pemberi kerja, luangkan waktu sejenak untuk mengembangkan sistem yang sesuai untuk Anda dalam mengatur pencarian kerja Anda. Spreadsheet sederhana berfungsi paling baik bagi banyak orang untuk melacak pekerjaan yang Anda lamar, tempat Anda diundang untuk wawancara, dll.

  1. Bangun, kembangkan, dan manfaatkan jaringan kontak Anda

Bagi sebagian besar pencari kerja, jaringan kontak yang besar dan kuat — orang-orang yang mengenal Anda dan ingin membantu Anda menemukan prospek pekerjaan — menghasilkan lebih banyak peluang kerja. Jaringan – secara langsung dan online – sangat penting untuk kesuksesan Anda dalam pencarian pekerjaan Anda.

Ini juga membantu Anda mendapatkan ide bagus tentang apa yang ada dan tersedia, sehingga Anda bisa lebih strategis dalam mencari pekerjaan. Jangan takut untuk menjangkau orang-orang di LinkedIn, dan jika Anda mengenal seseorang yang bekerja di perusahaan yang Anda minati, mintalah referensi. Mempekerjakan manajer akan lebih memilih untuk mewawancarai orang-orang yang datang direkomendasikan sebelum memilah-milah resume tiba melalui situs karir.

  1. Jangan membatasi diri Anda pada aplikasi online

Jika Anda hanya mengandalkan pengiriman aplikasi online, Anda bisa mencari pekerjaan untuk waktu yang sangat lama. Pada saat Anda melamar, perusahaan mungkin berada dalam tahap wawancara akhir, atau pekerjaan mungkin sudah terisi. Hubungi perusahaan yang menarik minat Anda secara langsung –

Anda dapat menghubungi perekrut atau menjadwalkan wawancara informasi dengan orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Idealnya, Anda ingin dikenal oleh orang-orang yang mungkin memengaruhi Anda.